Mengobati Diabetes Alami

Mengobati Diabetes Alami

Diabetes (diabetes melitus) adalah penyakit jangka panjang atau kronis yang ditandai dengan kadar gula darah (glukosa) yang jauh di atas normal. Glukosa sangat penting bagi kesehatan kita karena merupakan sumber energi utama bagi otak maupun sel-sel yang membentuk otot serta jaringan pada tubuh kita.

Sangatlah penting bagi kita untuk mengetahui gejala awal diabetes. Baik bagi yang berisiko tinggi maupun bagi yang merasa sehat dan tidak memiliki riwayat atau potensi mengidap diabetes.

Diabetes tipe 1 dapat berkembang dengan cepat dalam beberapa minggu, bahkan beberapa hari saja dan harus mendapatkan obat diabetes dengan penanganan yang tepat. Sedangkan banyak penderita diabetes tipe 2 yang tidak menyadari bahwa mereka telah mengidap diabetes selama bertahun-tahun karena gejalanya cenderung tidak spesifik. Beberapa gejala diabetes tipe 1 dan tipe 2 meliputi:

  • Sering merasa haus.
  • Berkurangnya massa otot.
  • Rasa lapar yang ekstrem.
  • Sering buang air kecil, terutama di malam hari.
  • Turunnya berat badan tanpa sebab yang jelas.
  • Terdapat keton dalam air seni. Keton adalah produk sampingan dari metabolisme otot dan lemak yang terjadi ketika produksi insulin tidak cukup.

Penyebab yang umum pada penderita diabetes yaitu:

1. Kurang olahraga

Lemak di dalam tubuh kita terbakar salah satunya saat kita berolahraga. Jika kita kekurangan olahraga maka maka tubuh kita akan mengandung banyak lemak jahat dan mengundang penyakit kencing manis mendekat kepada Anda.

2. Kebiasaan merokok

Rokok megandung puluhan racun di dalamnya. Tentu saja racun – racun ini akan menyebabkan datangnya berbagai macam penyakit yang akan bersarang di tubuh Anda. Salah satunya adalah penyakit kencing manis.

Tidak hanya perokok aktif saja yang beresiko terkena kencing manis. Perokok pasif yang hanya menghirup asapnya juga mempunyai resiko terkena penyakit kencing manis meskipun resiko yang ditimbulkan lebih kecil.

3. Minuman berkarbonasi (Soda)

Minuman berkarbonasi mengandung bayak pemanis buatan di dalamnya. Jika Anda mengkonsumsi minuman soda dalam jangka waktu lama, maka kadar gula di dalam darah Anda akan semakin menumpuk dan menyebabkan Anda terkena kencing manis.

 

Mengobati Diabetes

Tanaman obat tradisional merupakan salah satu cara yang manjur untuk menyembuhkan penyakit diabetes secara alami. Selain itu biaya yang dikeluarkan juga tidak terlalu mahal dan pastinya tanaman obat tradisional akan lebih aman di konsumsi.

Berikut ini adalah tanaman yang dapat digunakan untuk menyembuhkan diabetes:

1. Daun Salam

Daun salam biasanya digunakan sebagai bumbu dapur. Dengan menggunakan daun salam masakan akan lebih terasa sedap. Bagi dunia medis, daun salam dapat juga dijadikan sebagai tanaman obat diabetes. Dengan meminum air rebusan daun salam, maka penyakit diabetes akan berkurang dan bisa jadi sembuh.

2. Daun Sambiloto

Selain tanaman yang telah disebutkan di atas, tanaman lain yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit diabetes adalah daun sambiloto. Daun yang memiliki rasa pahit ini sangat mujarab untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti diabetes karena daun sambiloto mengandung flavonoid untuk memproduksi insulin.

3. Daun Pegagan

Daun pegagan adalah daun yang sering tumbuh seperti rumput. Daunnya berwarna hijau dan berbentuk bundar. Ternyata daun ini memiliki banyak manfaat dan juga khasiat. Salah satu manfaatnya adalah daun pegagan dapat menyembuhkan penyakit diabetes.

Tanaman ini mengandung zat anti bakteri dan zat anti racun yang dapat mengobati beberapa macam penyakit. Untuk anda yang memiliki penyakit diabetes, anda dapat meminum air rebusan daun pegagan secara teratur.

4. Gingseng

Gingseng juga merupakan obat yang mujarab untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Obat tradisional penyakit diabetes salah satunya adalah gingseng. Dengan mengkonsumsi gingseng secara teratur maka dapat membantu menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh dan juga dapat meningkatkan kadar insulin tubuh anda.

5. Bawang

Bawang merupakan tumbuhan yang sering digunakan untuk bumbu dapur. Dengan menggunakan bawang, masakan akan terasa lebih lezat. Selain untuk bumbu dapur, bawang juga dapat djadikan obat diabetes. Bawang merupakan obat diabetes dari tanaman yang mujarab daan dianjurkan oleh para ahli medis.

Bawang mengandung zat yang dapat mencegah dan menyembuhkan kerusakan insulin di dalam tubuh sehingga tanaman ini dapat digunakan untuk obat diabetes alami. Dengan mengkonsumsi bawang secara rutin, maka itu dapat mengobati diabetes.