Mengobati Diabetes Secara Alami

Mengobati Diabetes Secara Alami

Seringkali orang yang menderita diabetes sama sekali tidak menyadari jika terkena penyakit ini. Hampir semua gejala yang sering dirasakan terlalu diremehkan sehingga diabetes tidak bisa dicegah. Pada dasarnya diabetes bisa dicegah dengan obat diabetes yang tepat sejak awal jika memang disadari oleh penderita. Untuk mencegah agar tidak diabetes sebaiknya orang yang termasuk dalam resiko tinggi juga harus waspada. Berikut ini adalah beberapa resiko tinggi terkena diabetes.

– Orang yang memiliki berat badan berlebih atau masuk dalam katergori obesitas.

– Orang yang memiliki keturunan atau riwayat diabetes dalam keluarga.

– Orang yang menderita beberapa penyakit seperti darah tinggi, stroke, dan penyakit jantung.

– Orang dewasa yang sudah berusia lebih dari 45 tahun dan memiliki riwayat tinggi kolesterol dan hipertensi.

– Orang yang sudah pernah menjalani tes gula darah dan termasuk dalam kategori pra diabetes atau dengan gejala diabetes.

– Orang yang menderita penyakit resistensi insulin atau ketidakmampuan tubuh dalam menghasilkan insulin.

Diabates biasanya terjadi setelah melalui beberapa tahapan termasuk ketika penderita masuk dalam tahap pre diabetes. Pemeriksaan kadar gula darah secara teratur bisa menjadi usaha pencegahan yang sangat baik. Kadar gula darah yang normal adalah sekitar 70 – 100 mg/dl (dengan pemeriksaan setelah puasa selama 8 jam) dan < 140 mg/dl (pemeriksaan dua jam setelah makan).

Berikut ini adalah beberapa tips penting untuk mencegah diabetes (bagi orang yang memiliki kadar gula darah normal dan pra diabetes):

– Berhenti Merokok.

– Turunkan Berat Badan

– Hindari Terlalu Sering Konsumsi Minuman Manis

– Konsumsi Lemak Tak Jenuh Ganda

– Batasi Konsumsi Daging Merah2. Berhenti Minum Alkohol.

– Hindari Kebiasaan Tidak Melakukan Aktivitas Apapun.

Apabila anda terkena penyakit ini segeralah mengobatinya, Berikut cara menyembuhkan diabetes secara Alami:

1. Minum Air Putih

Cara yang paling sederhana dan dianjurkan di sini adalah meminum air putih demi dapat menurunkan kadar gula darah tinggi. Bahaya akibat kurang minum air putih tak hanya memicu dehidrasi saja, tapi juga bisa saja mendukung proses kenaikan gula darah dalam tubuh.

Air mineral atau air putih selain bisa menurunkan glukosa darah tinggi pun juga dapat diandalkan sebagai penyehat kulit, pengusir bakteri dan kuman, serta peningkat daya tahan tubuh. Meminumnya 8 gelas per hari atau setara dengan 2 liter adalah keputusan terbaik untuk membuat kesehatan lebih baik.

2. Menggunakan Kayu Manis

Kadar gula darah yang terlalu tinggi dapat Anda atasi dengan menggunakan kayu manis di mana aktivitas insulin bisa dirangsang dengan baik dan akhirnya kadar gula darah pun bisa menurun. Karena di dalamnya ada komponen bioaktif, maka diabetes pun bisa dilawan dan bahkan dicegah. Meski begitu, Anda pun tetap perlu tahu risikonya bahwa kayu manis memiliki kandungan coumarin yang cukup beracun dan bisa menaikkan potensi rusaknya hati apabila tak digunakan secara tepat.

3. Minyak Zaitun

Salah satu cara memanfaatkan minyak zaitun untuk pengobatan alami diabetes adalah mengganti minyak goreng biasa dengan minyak zaitun.

Minyak zaitun bisa memberikan nutrisi dan energi yang cukup untuk tubuh penderita diabetes. Di samping itu, minyak zaitun bermanfaat sebagai sumber gizi yang sehat pada masakan yang dimasak dengan minyak zaitun.

Bagi orang sehat, menggunakan minyak zaitun untuk mengolah makanan juga sangat dianjurkan. Cara ini merupakan solusi pencegahan penyakit diabetes.

4. Mengkudu

Kandungan proxeroni dalam buah mengkudu bisa membentuk alkaloid. Fungsi alkaloid membuka pori-pori sel sehingga nutrisi lebih mudah terserap ke dalam tubuh.

Inilah mengapa, mengkudu sangat baik dimanfaatkan sebagai obat diabetes melitus alami. Mengkudu bisa dibuat jus untuk mengobati diabetes, caranya sebagai berikut :

– Kupas hingga bersih, buang bijinya, kemudian cuci bersih lalu potong kecil-kecil buah mengkudu matang.

– Siapkan apel merah, cuci bersih, potong kecil-kecil

– Blender potongan mengkudu dan apel bersamaan. Tambahkan gula rendah kalori dan madu murni untuk menghilangkan aromanya.

– Minum 2 kali sehari-pagi dan malam hari, kira-kira setengah jam sebelum atau dua jam setelah makan. Ini dimaksudkan agar penyerapan esktrak buah mengkudu bisa sempurna

5. Daun kemangi

Daun kemangi biasa digunakan sebagai lalapan, atau ditambahkan ke dalam sambal saat menyantap ikan bakar. Namun, ternyata kegunaan daun kemangi tak sampai di situ saja. Daun kemangi juga bisa dimanfaatkan sebagai obat alami diabetes mellitus.

Daun kemangi memiliki kandungan yang bisa membantu proses sekresi insulin pada tubuh, sehingga kadar gula darah tetap stabil. Caranya, cukup dimakan sebagai lalapan. Pastikan saja kebersihannya terjaga, karena dikonsumsi dalam keadaan mentah.