Cara Mengobati Penyakit Diabetes Melitus

Cara Mengobati Penyakit Diabetes Melitus

Diabetes melitus adalah penyakit berupa kelainan metabolik yang mengakibatkan tubuh tidak mampu mengendalikan kadar glukosa dalam darah, sehingga kadar glukosa darah mengalami peningkatan (hiperglikemia) secara berkepanjangan (kronik).

Kadar glukosa darah tersebut meningkat akibat dari ketidakmampuan organ tubuh (pankreas) untuk memproduksi hormon insulin dalam jumlah yang cukup, atau tubuh tidak dapat menggunakan insulin yang telah dihasilkan oleh pankreas secara efektif.

Penyebab Penyakit Diabetes Melitus

– Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi.

– Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat seperti dari nasi atau roti.

– Kurang melakukan aktivitas fisik atau kurang berolahraga.

– Kekurangan tidur atau banyak bergadang.

– Terlalu banyak merokok.

Mengobati Diabetes

Berikut beberapa Herbal yang dapat anda gunakan untuk sebagai obat diabetes Melitus:

1. Biji Alpukat

Biji alpukat biasanya memang tidak dimanfaatkan dan hanya dibuang saja. Namun sebuah penelitian membuktikan jika salah satu khasiat biji alpukat untuk kesehatan termasuk menurunkan gula darah sehingga sangat baik untuk penderita diabetes.

Biji alpukat dapat menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kolesterol tinggi, meningkatkan kesehatan tubuh dan menurunkan gula darah. Biji alpukat mengandung senyawa katekin dan prosiandin yang bisa mengatasi rasa sakit,  menghilangkan nyeri, mengurangi infeksi dan menurunkan gula darah.

Cara:

– Buat jus biji alpukat dengan bahan-bahan seperti 2 sendok makan biji alpukat bubuk, 1 ruas jahe kecil, dan 1 gelas air.

– Aduk dengan menggunakan blender kemudian minum satu kali sehari.

2. Kunyit

Kunyit adalah jenis tanaman rimpang yang bisa membantu semua penderita diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2010 membuktikan jia kunyit mengandung senyawa kurkumin yang bisa melindungi sel beta pada pankreas. Sel beta merupakan sel aktif yang bekerja untuk pankreas dan berfungsi untuk menghasilkan metabolisme insulin. Selain itu kunyit juga mengandung minyak atsiri yang bisa menghasilkan insulin dalam tubuh. Selain itu kunyit sebenarnya juga mengandung protein dan zat gula alami yang sangat baik untuk menyembuhkan diabetes. Bahkan kunyit juga bisa menyembuhkan keluhan lipoma dan gejala darah kotor.

Cara:

– Rebus 1 – 3 gram kunyit dengan beberapa gelas air hingga mendidih, kemudian saring dan minum airnya setiap pagi.

– Jika Anda menggunakan bubuk kunyit maka larutkan 1 sendok teh bubuk kunyit dengan 1 gelas air. Kemudian minum airnya saat masih hangat.

3. Semanggi Merah

Semanggi merah adalah jenis tanaman tropis yang banyak ditemukan di Indonesia. Tanaman ini mungkin belum banyak terdengar sebagai obat untuk penyakit diabetes. Namun sebenarnya tanaman semanggi merah sangat baik untuk menjaga agar gula darah tetap stabil. Semanggi merah bisa menjaga agar kadar hormon dalam tubuh tetap stabil sehingga menguntungkan untuk penderita diabetes tipe 1.

Selain itu kandungan senyawa alami seperti genistein yang bisa membantu pankreas dalam menjaga kondisi sel beta. Sel beta adalah sel khusus pada pankreas yang berfungsi untuk menjaga produksi insulin.

Cara:

– Rebus beberapa buah semanggi merah yang sudah diolah menjadi teh dengan satu gelas air. Kemudian minum saat masih hangat.

– Jika Anda tidak menemukan bentuk teh semanggi merah maka gunakan suplemen berbentuk kapsul.

– Ingat untuk mengkonsumsi semanggi merah dalam jumlah sesuai dosis agar tidak berlebihan dan terhindar dari efek samping.

4. Akar Goldenseal

Tanaman Goldenseal atau memiliki istilah latin Hydrastis canadensis merupakan jenis tanaman seperti rumput liar dengan bagian batang yang ditumbuhi bulu lembut. Bagian akarnya berwarna kuning kecoklatan, kulit akar yang keriput dan memiliki rasa yang sangat kuat. Akar ini banyak tumbuh di kawasan Amerika Serikat.

Tanaman ini banyak menjadi pilihan obat tradisional diabetes. Kandungan senyawa aktif seperti berberin bisa menyembuhkan reaksi tubuh terhadap bakteri atau infeksi virus. Selain itu berberin bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, fungsi sel beta pada pankreas dan menjaga agar infeksi akibat kadar gula darah yang tinggi tidak memburuk.