Obat Penyakit Lupus Alami

Obat Penyakit Lupus Alami

Lupus adalah penyakit autoimun dimana sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan atau organ tubuh itu sendiri. Hal ini menyebabkan tingkat tingginya peradangan persisten, gejala lupus sangat mirip dengan banyak kondisi kesehatan lainnya seperti : gangguan tiroid, penyakit lyme maka penyakit ini terkadang sulit untuk didiagnosa. Dibutuhkan banyak pasien lupus untuk secara akurat didiagnosis terkait penyakit tersebut, dan terkadang pasien diresepkan untuk beberapa obat lupus yang tampaknya tidak memperbaiki masalah.

Obat konvensional yang sering diresepkan bagi penderita lupus, termasuk : obat kortikosteroid, penghilang rasa sakit NSAID, obat tiroid, dan obat hormon pengganti yang membantu dalam meredakan peradangan tetapi dampak negatifnya menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan bahkan sampai masalah kesehatan jangka panjang. Meskipun banyak pasien yang tidak senang akan efek samping yang ditimbulkan, namun mereka tidak punya pilihan lain demi untuk meredakan gejala.

Makanan yang Membuat Lupus Semakin Buruk

Berikut beberapa makanan yang justru membuat gejala penyakit autoimun semakin buruk meliputi :

  • Gluten, gluten adalah sejenis protein yang ditemukan dalam gandum, barley, rye, dan produk tepung yang mengandung intoleransi gluten. Hal ini dapat meningkatkan sindrom bocor, peradangan, atau memicu lupus flare-up.
  • Lemak trans atau lemak jenuh, lemak jenis ini banyak ditemukan dalam makanan siap saji. Beberapa orang yang menderita penyakit lupus memiliki kesulitan dalam proses metabolisme dan harus membatasi mengkonsumsi keju, daging merah, makanan lembut dan makanan kemasan.
  • Gula tambahan, terlalu banyak gula dapat menyebabkan overstimulate pada sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan rasa sakit.
  • Makanan mengandung natrium tinggi, karena penyakit lupus dapat merusak ginjal, maka penting bagi kita untuk menjaga natrium dan garam tingkat rendah untuk mencegah retensi cairan, memperburuk pembengkakan dan ketidakseimbangan elektrolit.
  • Alkohol dan terlalu banyak kafein, hal ini dapat menyebabkan meningkatkan kecemasan, memperburuk peradangan, merusak hati, meningkatkan rasa sakit, dan menyebabkan dehidrasi dan masalah tidur.
  • Kacang-kacangan tertentu, biji alfafa, kecambah, kacang hijau, kacang tanah, kedelai, dan kacang polong terbukti mengandung zat yang memicu lupus flare-up pada beberapa pasien (meskipun tidak terjadi pada semua pasien). Reaksi negatif tersebut diyakini disebabkan oleh asam amino L-canavanine.
  • Rokok dan narkoba, dapat memperburuk kerusakan paru-paru, gejala peradangan, menyebabkan komplikasi dan infeksi.

Inilah Cara Pengobatan Penyakit Lupus Secari Alami:

  1. Anti Inflamasi Diet untuk Menyembuhkan Gangguan Usus

Penelitian menunjukkan diet yang sehat menjadi cara penting untuk mengelola lupus karena dapat membantu mengendalikan peradangan yang berasal dari kesehatan usus yang buruk, mengurangi resiko komplikasi seperti penyakit jantung, membantu membangun kekuatan dan energi, dan mengurangi efek samping dari obat-obatan.

Makanan yang Baik untuk Penderita Lupus Meliputi:

  • Makanan organik, membantu mengurangi paparan aditif sintetis, racun atau pestisida dalam makanan non-organik.
  • Sayuran mentah, dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan pencernaan.
  • Makanan laut yang mengandung lemak omega-3, untuk membantu mengurangi peradangan, risiko penyakit jantung dan nyeri. Sumber lemak omega 3 termasuk salmon, sarden, herring, mackerel, tuna, dan halibut.
  • Makanan yang tinggi antikosidan, termasuk sayuran hijau, bawang putih, bawang, asparagus, alpukat dan buah. Makanan ini tinggi serat, vitamin C, selenium, magnesium dan kalium untuk membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas, memperbaiki kerusakan pada sendi dan kelelahan yang lebih rendah.
  • Kaldu tulang, dapat mengurangi gejala autoimun dan inflamasi yang berkaitan dengan lupus. Mengkonsumsi delapan sampai 16 ons kaldu tulang setiap hari sebagai minuman atau sebagai bagian dari sup.

Berikut makanan yang dapat membantu melembabkan kulit dalam maupun luar akibat dari efek gejala lupus meliputi :

  • Alpukat
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian seperti chia, rami, kenari dan almond (juga sumber serat dan omega-3)
  • Minyak kelapa dan minyak zaitun
  • Ikan
  • Susu mentah
  • Mentimun dan melon
  • Minum banyak air dan teh herbal atau teh hijau
  1. Olahraga

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of the Arthritis Health Professionals Association, berolahraga secara teratur merupakan langkah yang penting untuk mengobati lupus karena berbagai alasan. Olahraga bermanfaat untuk menurunkan stres, membantu dalam kualitas tidur, membuat jantung dan paru-paru kuat, menurunkan resiko komplikasi, dll. Kegiatan yang dapat bermanfaat untuk para penderita lupus termasuk melakukan kegiatan berikut sekitar 20-30 menit, yaitu : jalan cepat, berenang, aerobik air, yoga, bersepeda, atau pilates.

  1. Mengurangi Stress

Penelitian menunjukkan seseorang dengan stres psikologis dan emosional dapat memicu timbulnya lupus (dan penyakit autoimun yang lain) atau menyebabkan lupus flare-up dengan meningkatkan respon inflamasi.

  1. Cukup Istirahat (Tidur)

Kelelahan merupakan hambatan besar bagi kebanyakan pasien lupus, dalam satu studi menunjukkan bahwa 53% penderita lupus meningkat menjadi 80%, diidentifikasi salah satu gejala utamanya ialah karena kelelahan. Satu masalah penderita lupus adalah susah tidur, yang terkadang terjadi karena tingkat kecemasan meningkat, tetapi juga dapat disebabkan oversleeping pada siang hari.

  1. Melindungi dan Menyembuhkan Kulit Sensitif

Studi menunjukkan bahwa sampai 90 persen orang dengan lupus mengembangkan ruam kulit dan legiun, termasuk ruam “berbentuk butterfly” yang menutupi pipi dan hidung. Kulit ruam biasanya terkait dengan lupus yang disebabkan oleh respon inflamasi, sangat penting untuk melindungi kulit sensitif dari iritasi dan juga sinar matahari jika kulit mulai menunjukkan tanda-tanda ruam, gatal-gatal atau kemerahan.