Obat Lupus Eritematosus Sistemik

Obat Lupus Eritematosus Sistemik

Lupus adalah penyakit kronis yang disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang keliru sehingga mulai menyerang jaringan dan organ tubuh sendiri. Inflamasi akibat lupus dapat menyerang berbagai bagian tubuh, serperti Sel darah, Sendi, Kulit, Jantung dan Paru paru. Dan untuk menemukan obat lupus akan terasa susah.

Jenis Jenis Lupus

Penyakit lupus tidak hanya satu jenis saja tetapi terdapat sampai tiga jenis lupu, berikut jenis jenis lupus :

  • Lupus eritematosus diskoid
  • Lupus eritematosus sistemik
  • Lupus akibat penggunaan obat

Ketiga jenis lupus tersebut merupakan jenis umum dari penyakit lupus.

  1. Lupus Eritematosus Diskoid

Lupus jenis merupakan salah satu jenis penyakit lupus yang hanya menyerang kulit saja, meski demikian dalam  beberapa kasus lupus jenis ini juga dapat menyerang organ lain.

Lupus jenis ini biasanya bisa dihindari dengan menghindari sinar matahari secara langsung dan menjauhi obat obatan.

Gejala yang akan dirasakan oleh penderita lupus jenis ini adalah : Pitak permanen, Rambut rontok, Ruam merah dan bulat di kulit yang kadang akan menebal dan akan menjadi bekas luka

  1. Lupus Eritematosus Diskoid

Lupus jenis ini merupakan salah satu jenis lupus yang paling banyak diketahui atau juga paling banyak dikenal dibandingkan dengan jenis lupus lain. Lupus jenis ini dapat menyerang organ mana saja yang memiliki tingkat gejala yang ringan bahkan sampai parah.

Gejala lupus jenis ini bisa datang secara tiba tiba atau juga berkembang secara perlahan lahan dan dapat bertahan lama atau bersifat sementara sebelum akhirnya kambuh lagi.

  1. Lupus Akibat Obat Obatan

Penyakit lupus yang diakibatkan karena obat obatan merupakan salah satu jenis lupus yang juga harus diperhatikan. Lupus yang diakibatkan karena jenis obat obatan tertentu merupakan jenis penyakit lupus yang hanya akan diderita oleh orang orang tertentu. Ada 100 jenis obat obatan yang bisa menimbulkan efek samping yang mirip dengan gejala penyakit lupus. Pada umumnya penyakit lupus yang diakibatkan karena obat obatan bisa hilang apabila anda menghentikan untuk mengkonsumsi obat tersebut. Dan otomatis akan hilang, tetapi untuk melakukan itu anda perlu berkonsultasi dengan dokter anda untuk mengetahui aman atau tidaknya.

Berikut ada beberapa penyebab yang dapat meningkatkan resiko terkena penyakut lupus:

  • Faktor Keturunan. Faktor keturunan merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan resiko seseorang terkena penyakit lupus. Biasanya orang yang memiliki saudara penderita penyakit lupus maka memiliki resiko 25% untuk terkena penyakit lupus.
  • Kekebalan Tubuh Yang Lemah. Memiliki kekebalan tubuh yang lemah merupakan salah satu penyebab terserangnya penyakit lupus, tidak hanya akan terserang penyakit lain memiliki kekebalan tubuh yang lemah juga akan bersiko tinggi terserang penyakit lupus.
  • Pengaruh Lingkungan. Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan seseorang terkena penyakit lupus. Berikut fakto yang dapat meningkatkan resiko terkena penyakit lupus.
  • Paparan terhadap sinar matahari. Perubahan hormon yang terjadi pada wanita, misalnya pada saat hamil atau masa pubertas .
  • Mengkonsumsi obat obatan yang dapat menyebabkan terserang penyakit lupus. lupus jenis ini biasanya bisa hilang apabila anda menghentikan untuk mengkonsumsi obat penyebab lupus

Dibawah ini merupakan beberapa pilihan tanaman herbal yang dapat dijadikan sebagai salah satu solusi mengatasi lupus SLE atau lupus eritematosus sistemik :

  1. Teh Hijau

Mengkonsumsi teh hijau dapat membantu dapat mencegah dari penyakit lupus. Hal ini karena teh hijau mengandung polyfenol yang merpakan senyawa antioksidan yang hebat. Senyawa antioksidan ini bertindak sebagai penjaga untuk sel – sel dan mencegah kematian sel yang sehat, yang diakibatkan oleh penyakit lupus SLE.

  1. Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin yang mnerupakan antioksidan yang baik untuk tubuh. Tidak hanya itu, kunyit juga mengandung senyawa anti inflamasi. Kedua senyawa kunyit ini dapat membantu untuk menurunkan gejala yang ditimbulkan dari penyakit lupus seperti rasa nyeri dan kelelahan.

  1. Benih Lenan

Ramuan herbal dari benih lenan ini menunjukan efek yang sangat luar biasa pada penyakit lupus. Asam linolenat yang terkandung dalam biji rami dapat menurunkan peradangan kronis serta mengurangi gejala penyakit lupus SLE. Bukan hanya itu, Asam lemak omega 3 dalam minyak biji rami tampaknya mengurangi respon inflamasi tubuh terutama untuk penyakit lupus.

  1. Jelatang

Tanaman herbal jelatang sangat efektif untuk menangani peradangan yang terkait dengan lupus karena mengandung beberapa senyawa anti-inflamasi alami seperti quercetin. Tidak hanya itu, jelatang juga memiliki sifat anti-inflamasi alami yang memiliki sifat diuretik yang dapat memabntu tubuh untuk mengeluarkan kelebihan asam urat. sehingga dapat mengurangi edema karena lupus. Jelatang juga dapat untuk melawan alopecia, yaitu gangguan rambut rontok yang sering diderita oleh para penderita penyakit lupus.

  1. Licorice

Licorice adalah ramuan herbal yang populer memiliki banyak senyawa, termasuk sifat anti-inflamasi. Asam Glycyrrhetic (GA) dan triterpen glycyrrhizin ditemukan di akar licorice, ada dua komponen utama yang memberikan licorice sifat anti-inflamasi. Glycyrrhizin menghambat produksi prostaglandin yang berguna utuk menghentikan peradangan yang berhubungan dengan lupus. Akar licorice dapat digunakan untuk mengontrol masalah yang terkait dengan lupus.

  1. Astragalus

Ramuan Herbal cina ini telah ditemukan sejak lama dalam mengatasi lupus. Astragalus berguna untuk mendukung dan mengatur sistem kekebalan tubuh. Astragalus mengandung antioksidan yang melindungi sel terhadap kerusakan yang ditimbulkan dari penyakit lupus.

  1. Cabe Rawit

Tanaman pedas ini mengandung banyak vitamin C yang penting untuk energi bagi yang mengalami kelelahan kronis. tanaman ini meiliki kemampuan untuk membersihkan darah dari racun. Selain itu, tanaman ini juga dapat membantu dalam mengurangi pembengkakan dan peradangan penyakit lupus SLE. Bau dan Rasa yang tajam dari cabe rawit membantu anda menghilangkan racundalam tubuh dan membersihkan tubuh.

Untuk mencegah dan mengobati penyakit lupus SLE, anda dapat menggunakan tanaman herbal diatas untuk membantun mengatasi penyakit lupus yang anda derita.