Obat Menyembuhkan Lupus

Penyakit lupus adalah penyakit baru yang mematikan setara dengan kanker.  Arti kata obat lupus sendiri dalam bahasa Latin berarti “anjing hutan”. Istilah ini mulai dikenal sekitar satu abad lalu. Awalnya, penderita penyakit ini dikira mempunyai kelainan kulit, berupa kemerahan di sekitar hidung dan pipi. Bercak-bercak merah di bagian wajah dan lengan, panas dan rasa lelah berkepanjangan , rambutnya rontok, persendian kerap bengkak dan timbul sariawan.

Penyakit ini tidak hanya menyerang kulit, tetapi juga dapat menyerang hampir seluruh organ yang ada di dalam tubuh. Penyebab penyakit lupus adalah karena kelebihan sistem kekebalan tubuh dimana seharusnya kekebalan tubuh menyerang virus atau penyakit yang ada didalam tubuh tapi disini kekebalan tubuh malah menyerang sistem organ yang ada di dalam tubuh seperti ginjal, paru-paru, jantung, hati dll.

Gejala Penyakit Lupus

  • Kulit yang mudah gosong akibat sinar matahari serta timbulnya gangguan pencernaan.
  • Gejala umumnya penderita sering merasa lemah, kelelahan yang berlebihan, demam dan pegal-pegal. Gejala ini terutama didapatkan pada masa aktif, sedangkan pada masa remisi (nonaktif) menghilang.
  • Pada kulit, akan muncul ruam merah yang membentang di kedua pipi, mirip kupu-kupu. Kadang disebut (butterfly rash).
  • Anemia yang diakibatkan oleh sel-sel darah merah yang dihancurkan oleh penyakit Lupus ini.
  • Rambut yang sering rontok dan rasa lelah yang berlebihan.

Inilah obat-obatan yang bisa kamu coba dirumah:

  1. Licorice

Licorice adalah ramuan herbal yang populer memiliki banyak senyawa, termasuk sifat anti-inflamasi. Asam Glycyrrhetic (GA) dan triterpen glycyrrhizin ditemukan di akar licorice, ada dua komponen utama yang memberikan licorice sifat anti-inflamasi. Glycyrrhizin menghambat produksi prostaglandin yang berguna utuk menghentikan peradangan yang berhubungan dengan lupus. Akar licorice dapat digunakan untuk mengontrol masalah yang terkait dengan lupus.

  1. Astragalus

Ramuan Herbal cina ini telah ditemukan sejak lama dalam mengatasi lupus. Astragalus berguna untuk mendukung dan mengatur sistem kekebalan tubuh. Astragalus mengandung antioksidan yang melindungi sel terhadap kerusakan yang ditimbulkan dari penyakit lupus.

  1. Cabe Rawit

Tanaman pedas ini mengandung banyak vitamin C yang penting untuk energi bagi yang mengalami kelelahan kronis. tanaman ini meiliki kemampuan untuk membersihkan darah dari racun. Selain itu, tanaman ini juga dapat membantu dalam mengurangi pembengkakan dan peradangan penyakit lupus SLE. Bau dan Rasa yang tajam dari cabe rawit membantu anda menghilangkan racundalam tubuh dan membersihkan tubuh.

Obat Untuk Mengobati Lupus

Penyakit Lups adalah suatu penyakit peradangan kronis yang disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh, yaitu ketika sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan tubuh dan organ tubuh seseorang. Peradangan yang disebabkan oleh obat lupus dapat menimbulkan berbagai masalah pada sistem yang ada pada tubuh seperti persendian, kulit, ginjal, sel darah, dan Jantung maupun paru-paru.

Jenis – Jenis Penyakit Lupus.

Penyakit Lupus lebih sering menyerang kaum wanita, dan ada enpat jenis lupus yang sering menyerang, diantaranya :

  1. Systemic lupus erythematosus

Lupus ini pada awalnya dapat berefek pada bagian tubuh manapun. Sistem di dalam tubuh yang secara umum terkena adalah sendi, kulit, paru-paru, ginjal dan darah. Ketika pada umumnya orang berbicara mengenai lupus, lupus tersebut biasanya adalah systemic lupus erythematosus.

  1. Discoid lupus erythematosus

Lupus ini berefek hanya pada kulit. Mereka dengan lupus discoid mengalami ruam pada wajah, leher dan kulit kepala. Sejumlah kecil mereka dengan discoid lupus juga dapat mengalami systemic lupus erythematosus, meskipun tidak mungkin untuk memprediksi siapa saja yang akan mengalami bentuk lupus yang lebih serius.

  1. Drug-induced lupus erythematosus

Lupus ini terjadi setelah anda menggunakan obat tertentu. Tidak semua orang yang menggunakan obat tersebut mengalami lupus. Lupus jenis ini berefek pada berbagai sistem di dalam tubuh. Tanda dan gejala biasanya hilang ketika anda berhenti menggunakan obat yang menyebabkan lupus jenis ini terjadi.

  1. Neonatal lupus

Merupakan bentuk langka dari lupus yang berefek pada bayi yang baru lahir. Ibu degan antibody tertentu yang memiliki hubungan terhadap penyakit autoimun dapat menurunkannya pada bayi mereka –bahkan jika sang ibu tidak memiliki tanda maupun gejala penyakit autoimun tersebut. Neonatal lupus dapat hilang sebelum menunjukkan perkembangannya. Dalam kasus yang lebih serius dapat menyebabkan masalah pada sistem elektrik jantung (congenital heart block).

Ciri dan Gejala Penyakit Lupus

Dua kasus lupus tidak sepenuhnya serupa. Tanda dan gejela yang terjadi dapat datang dengan tiba-tiba atau berkembang secara perlahan, dapat ringan atau parah, dan dapat bersifat sementara atau permanen. Banyak dari mereka dengan lupus memiliki karakteristik episodik dengan tanda dan gejala yang memburuk untuk sementara waktu kemudian membaik atau bahkan hilang untuk satu waktu.

Obat Penyakit Kulit Lupus

Penyakit lupus merupakan salah satu kelainan pada tubuh kita yang mana terjadi kekeliruan autoimun atau anti bodi yang menyerang tubuh kita sendiri. Penyakit ini biasanya ditandai dengan inflamasi atau peradangan yang mengakibatkan kerusakan jaringan.

Penyakit obat lupus sangat erat kaitannya dengan sistem kekebalan tubuh atau disebut juga dengan autoimun atau zat imun tubuh yang memiliki tugas sebagai penangkal kuman dan virus penyebab penyakit. Pada orang normal antibodi ini bekerja secara tepat melindungi organ tubuh, namun berbeda dengan orang penderita penyakit lupus antibodi malah menyerang tubuh si penderitanya sendiri.

Gejala Penyakit Lupus

Secara umum penyakit lupus sangat mudah untuk diketahui. Biasanya pasien dengan penderita penyakit lupus akan menimbulkan beberapa gejala seperti :

  • Tubuh cepat Lelah, lemas dan kurang bertenaga
  • Demam tinggi demam
  • Berat bada berangsung menurun drastis
  • Timbul ruam yang berbentuk seperti kupu-kupu pada wajah yang menutupi pipi dan hidung
  • Ketika terkena sinar matahari ruam pada wajah akan semakin memburuk.
  • Selain timbul ruam pada kuka, biasanya akan timbul radang pada mulut
  • Rambut hita mulai rontok bahkan terkadang samapai botak tak tersisa satu helai rambutpun
  • Timbul warna putih pada kuku atau membiru ketika terkena dingin atau stress (Raynaud’s phenomenon)
  • Susah untuk bernafas
  • Nyeri pada dan susah untuk bernafas
  • Cairan mata berkuang membuat mata menjadi kering terasa pedih saat berkedip
  • Kulit mudah memar tanpa terjadi benturan dengan benda tumpul.
  • Terkadang terlihat gelisah
  • Bahkan sampai pingsan

Inilah obat untuk penyakit kulit lupus, yang wajib kamu coba:

  1. Sayuran mentah

Akan mempromosikan sebuah badan alkali, mengurangi peradangan, dan meningkatkan pencernaan. Kemudian bahan-bahan dapur seperti Bawang putih, bawang, asparagus – Sertakan makanan ini sulfur tinggi untuk membantu memperbaiki kerusakan pada sendi.

  1. Teh Hijau

Tumbuhan yang dapat mengatasi lupus karena mengandung polyphenol yang dapat menghilangkan bercak merah pada penderita lupus

  1. Suplemen Hijau

Pastikan itu termasuk chlorella atau spirulina. Ini bekerja sebagai alkali pada tubuh dan memberikan nutrisi penyembuhan.

  1. Daun Cocor Bebek

Selain untuk tanaman hiasa, daun ini juga dapat di manfaastkan sebagai obat penderita penyakit kulit lupus.

  1. Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin yang mnerupakan antioksidan yang baik untuk tubuh. Tidak hanya itu, kunyit juga mengandung senyawa anti inflamasi. Kedua senyawa kunyit ini dapat membantu untuk menurunkan gejala yang ditimbulkan dari penyakit lupus seperti rasa nyeri dan kelelahan.

  1. Benih Lenan

Ramuan herbal dari benih lenan ini menunjukan efek yang sangat luar biasa pada penyakit lupus. Asam linolenat yang terkandung dalam biji rami dapat menurunkan peradangan kronis serta mengurangi gejala penyakit lupus SLE. Bukan hanya itu, Asam lemak omega 3 dalam minyak biji rami tampaknya mengurangi respon inflamasi tubuh terutama untuk penyakit lupus.

Contoh Obat Lupus

Penyakit Lupus adalah salah satu bentuk penyakit autoimun, artinya sistem kekabalan tubuh (imun) malah menyerang sel-sel, jaringan dan organ sehat tubuh itu sendiri yang terjadi terus menerus sehingga menimbulkan peradangan kronis. Dengan kata lain Penyakit lupus diartikan sebagai penyakit peradangan kronis autoimun dan obat lupus susah didapatkan.

Peradangan yang disebabkan oleh lupus dapat mempengaruhi banyak sistem tubuh diantaranya: sendi, kulit, ginjal, sel darah, otak, jantung dan paru-paru sehingga menimbulkan banyak sekali gejala atau manifestasi klinis yang beragam. Oleh karena itu Penyakit Lupus ini sulit dideteksi karena tanda-tanda dan gejala sering kali mirip dengan penyakit lain. Namun demikian tanda dan gejala penyakit lupus yang paling khas adalah ruam wajah yang menyerupai sayap kupu-kupu (ruam di kedua pipi) disebut juga sebagai malar rash.

Berikut Beberapa Jenis Penyakit Lupus :

  1. Drug-induced lupus

Jenis ini sangat jarang muncul dan sesuai namanya, jenis ini biasanya terjadi karena pengaruh obat jangka panjang. Laki-laki cenderung mengalami lupus ini daripada wanita. Cara pengobatannya bisa menggunakan obat hipertensi berupa hydralazine, dan procainamide untuk mengobati penyakit jantung.

  1. Neonatal lupus

Jenis ini juga jarang terjadi, namun bisa terjadi pada ibu hamil yang kemudian menurunkan antibodi lupus kepada anak-anak mereka ketika lahir. Bayi yang terserang lupus biasanya menimbulkan gejala anemia dan ruam kulit. Hal ini bisa sembuh dan hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu.

  1. Lupus anak-anak

Lupus sistemik bisa menyerang anak-anak dan disebut lupus anak-anak. Meski memang gejala mirip sekali dengan lupus sistemik, namun kebanyakan yang mengalaminya adalah anak laki-laki dan dapat mempengaruhi kesehatan ginjal.

  1. Cutaneous lupus

Jenis lupus cutaneous adalah diskoid, yang paling umum dan dikenali dari gejala kemerahan, tebal, ruam bersisik pada kulit leher, wajah dan kulit kepala. Hal ini bisa berlangsung selama beberapa hari, namun ada juga yang bertahan hingga bertahun-tahun. Setelah lupus hilang, akan meninggalkan bekas pada ruam.

Obat Lupus Terbaik

Lupus merupakan penyakit yang terkait dengan kekebalan tubuh manusia. Penyakit ini juga di kenaal sebagai penyakit autoimune. Penyakit terjadi apabila terjadi anomali pada sistem dan kerja sel pertahanan tubuh manusia. Sel pertahanan tubuh yang seharusnya melindungi tubuh dari masuknya kuman atau ganggaun eksternal lainnya justru menyerang tubuh pemilikinya. Penyakit ini menjadi salah satu penyakit mematikan pada jenis Eritematosus Sistemik (SLE) atau yang juga disebut dengan Systemic Lupus Erythematosus. Selain jenis tersebut, terdapat beberapa jenis penyakit lupus lainnya, seperti neonatal (lupus yang terjadi pada bayi), dan drug inducted lupus (lupus yang disebabkan oleh penggunaan obat lupus).

Penyebab

Penyebab lupus ada 2 faktor yaitu internal tubuh manusia dan lingkungan. Secara umum, faktor penyebab pasti timbulnya penyakit lupus belum diketahui.

  1. Faktor internal

Faktor internal disebabkan oleh faktor genetika yang menyebabkan adanya kecenderungan anomali pada sistem antibodi yang menyerang bagian-bagian jaringan tubuh. Karena itu, penyakit lupus sering diidentikkan dengan penyakit turunan. Fakta menunjukkan bahwa penyakit lupus akan lebih beresiko diidap oleh orang dari beberapa ras, seperti Ras Amerika Afrika, Latin, Ras Asia Pasifik.

  1. Faktor eksternal

Penyebab eksternal lupus terkait erat dengan gaya hidup dan kondisi manusia. Faktor eksternal berarti serangkaian atau satuan penyebab yang merangsang reaksi zat antibodi yang akhirnya menyerang jaringan tubuh. Beberapa penyebab eksternal lupus, antara lain :

  • Stress berlebihan.
  • Penggunaan obat antibiotik seperti amoxilin, ampicilin.
  • Sinar ultraviolet matahari, sinar ultraviolet dari lampu,
  • Dan obat-obatan berbahan dasar sulfa seperti Bactrim dan septra, silsoxazole, tolbutamide.

Gejala

Pada bentuk yang sistemik (SLE), serangan lupus juga dapat memengaruhi organ dalam manusia yang vital, seperti ginjal dan hati. Lupus ini dinilai paling berbahaya dibandingkan dengan jenis lainnya. Lupus lebih banyak diderita wanita daripada pria dengan perbandingan 9:1, karena faktor hormonal dan biasanya menjangkiti wanita muda. Penyakit ini suka menyaru, sehingga seringkali dokter menyangka penyakit lainnya, tetapi yang tersering adalah adanya nyeri sendi.

Inilah obat lupus terbaik yang wajib kamu coba:

Obat Lupus Eritematosus Sistemik

Lupus adalah penyakit kronis yang disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang keliru sehingga mulai menyerang jaringan dan organ tubuh sendiri. Inflamasi akibat lupus dapat menyerang berbagai bagian tubuh, serperti Sel darah, Sendi, Kulit, Jantung dan Paru paru. Dan untuk menemukan obat lupus akan terasa susah.

Jenis Jenis Lupus

Penyakit lupus tidak hanya satu jenis saja tetapi terdapat sampai tiga jenis lupu, berikut jenis jenis lupus :

  • Lupus eritematosus diskoid
  • Lupus eritematosus sistemik
  • Lupus akibat penggunaan obat

Ketiga jenis lupus tersebut merupakan jenis umum dari penyakit lupus.

  1. Lupus Eritematosus Diskoid

Lupus jenis merupakan salah satu jenis penyakit lupus yang hanya menyerang kulit saja, meski demikian dalam  beberapa kasus lupus jenis ini juga dapat menyerang organ lain.

Lupus jenis ini biasanya bisa dihindari dengan menghindari sinar matahari secara langsung dan menjauhi obat obatan.

Gejala yang akan dirasakan oleh penderita lupus jenis ini adalah : Pitak permanen, Rambut rontok, Ruam merah dan bulat di kulit yang kadang akan menebal dan akan menjadi bekas luka

  1. Lupus Eritematosus Diskoid

Lupus jenis ini merupakan salah satu jenis lupus yang paling banyak diketahui atau juga paling banyak dikenal dibandingkan dengan jenis lupus lain. Lupus jenis ini dapat menyerang organ mana saja yang memiliki tingkat gejala yang ringan bahkan sampai parah.

Gejala lupus jenis ini bisa datang secara tiba tiba atau juga berkembang secara perlahan lahan dan dapat bertahan lama atau bersifat sementara sebelum akhirnya kambuh lagi.

  1. Lupus Akibat Obat Obatan

Penyakit lupus yang diakibatkan karena obat obatan merupakan salah satu jenis lupus yang juga harus diperhatikan. Lupus yang diakibatkan karena jenis obat obatan tertentu merupakan jenis penyakit lupus yang hanya akan diderita oleh orang orang tertentu. Ada 100 jenis obat obatan yang bisa menimbulkan efek samping yang mirip dengan gejala penyakit lupus. Pada umumnya penyakit lupus yang diakibatkan karena obat obatan bisa hilang apabila anda menghentikan untuk mengkonsumsi obat tersebut. Dan otomatis akan hilang, tetapi untuk melakukan itu anda perlu berkonsultasi dengan dokter anda untuk mengetahui aman atau tidaknya.